Senin, 07 Januari 2013

Cara membedakan ebook berkualitas dan sampah

Akhir-akhir ini memang banyak orang mencoba mengikuti trend bisnis menjual ebook, sebab dinilai lebih mudah dan menjadi solusi bagi para penulis baru yang belum dikenal, sebab bagi para penulis baru yang belum dikenal akan sangat sulit bagi mereka untuk menjual buku karangannya melalui penerbit.

Dalam penjualan ebook yang tersebar di internet, diantara para profesional yang memang sudah terkenal sebagai seorang penulis yang baik, banyak pula penulis baru dengan hasil karyanya berupa ebook yang benar-benar berkualitas, biasanya mereka berdiri dari basic pendidikannya seorang pengajar, seorang profesional, praktisi atau seorang konsultan, dan biasanya isi dari ebook tersebut merupakan pengalaman bisnisnya, penelitiannya atau dari kumpulan seminarnya, dll.

Namun kini memang banyak sekali ebook yang sebenarnya isinya kurang bermanfaat, asal ikut-ikutan bahkan tipu-tipu atau hanya terjemahan dari manual yang bisa di cari di mbah Google :p, nah itulah yang disebut ebook sampah.

Secara pribadi sayapun sering membeli ebook karena bagi saya selain hemat kertas :D (partisipasi mengurangi pemanasan global), saya juga gak repot kemana-mana bawa buku :d alias cukup saya baca melalui smartphone atau tablet pc. Memang sebelumnya saya juga sering tertipu dengan ebook sampah, namun sekarang saya lebih jeli dengan beberapa trik yang saya gunakan selama ini.
http://selangkahmaju.blogspot.com/2013/01/cara-membedakan-ebook-berkualitas-dan.html
Nah, agar anda dapat membedakan dan mengetahui bagaimana kualitas ebook sebelum membelinya dan mnguji personal si pembuat ebook tersebut apakah benar-benar seorang profesional atau pura-pura profesional ada beberapa tips cara yang dapat anda gunakan untuk menilai, antara lain sbb :
http://selangkahmaju.blogspot.com/2013/01/cara-membedakan-ebook-berkualitas-dan.html
  1. Bila hanya menekankan topik yang hanya berbicara uang-uang dan kaya-kaya yang dapat didapat dengan mudah dan cepat dalam kondisi ekonomi indonesia yang semacam ini tanpa susah dll, maka anda harus lebih extra waspada 50%, kalau saya pribadi langsung saya tinggalkan :D.
  2. Kenali dan lihat bagaimana profile dan latar belakang beliau sebagai seorang penulis, apakah seorang profesional atau master of teori dan motivator doang yang ngak ada prakteknya.
  3. Bila beliau punya blog, kunjungi blognya dan baca tulisannya apakah isinya nyata dan bermutu atau hanya copy dan paste dari blog lain, akan nampak dari cara pemaparan, penulisan dan cara penjelasannya serta gaya bahasa.
  4. Bila beliau punya facebook, kunjungi pula facebooknya, apakah dia cuman tukang teori atau profesional di bidang bisnis, atau hanya status teori motivasi doang, lihat pula bagaimana beliau berkomunikasi 2 arah menggunakan facebook dengan para temannya atau para pengunjung facebooknya, bila perlu ikutlah berkomunikasi dahulu dalam topik status diskusi beliau melalui facebooknya sesuai topiknya dan lihat apakah jawabannya nyata serta memuaskan anda atau anda masih merasa kurang puas.
  5. Berfikir dengan tenang, Jangan terbawa emosi, dan pergunakanlah logika dari langkah no 1 sampai nomor 4 anda dapat menentukan keputusan akhir 100% untuk membeli atau meninggalkannya :) http://selangkahmaju.blogspot.com/2013/01/cara-membedakan-ebook-berkualitas-dan.html 
Tidak ada sebuah keberhasilan yang dicapai dengan mudah seperti membalikkan tangan sendiri tanpa adanya sebuah perjuangan yang panjang dan pengalaman yang matang.

Photobucket

Semoga tips saya ini dapat bermanfaat :D

Anda menyukai blog ini ?

Gunakan tombol Sosial Media dibawah ini untuk berbagi informasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar