Selasa, 01 Juli 2014

Cara memperkenalkan linux di perusahaan

Beberapa kantor yang mengirit budget biasanya big bossnya teriak teriak setelah lihat biaya lisensi OS, terutama office sedangkan para karyawannya pada ogah belajar lagi kalo pake linux (padahal sebenernya mereka males aja kalo harus belajar :p sebab saat sekolah dulu diajarkannya office bukan openoffice :D ).

Karena BigBoss minta dibantu agar bisa menghemat anggaran (maklum kondisi ekonomi negara kita lagi amburadul wakakaka dan kalo beli semua si BigBoss pasti over budget hanya malu mengatakannya) sayapun berfikir untuk mengubah image para karyawannya terlebih dahulu sebelum benar-benar saya migrasikan kelinux. Dasar pemikiran saya sederhana saja, bahwa setiap orang yang membeli smartphone baru tak akan lebih dari 1 hari dia akan bisa mengoperasikan smartphonenya kecuali yang extra gaptek, heheheeh :D akhirnya saya menggunakan  sebuah cara yang sederhana sbb :

1. Saya survey dan pastikan dulu semua pc yang ada apakah kompatible dengan linux, untuk itu saya membuat liveboot USB linux dengan ubuntu 

2. Saya ubah semua template OS pc di perusahaan tersebut dengan skinpack template linux

untuk Win Xp anda bisa download di sini
untuk win 7 anda bisa download disini
untuk win 8 anda bisa download disini

3. Saya install Openoffice sebagai pengganti Office yang lama  download disini

dengan ini semua karyawan masih bisa membuka file lama mereka jadi mereka hanya bingung beberapa menit karena tampilannya yang baru , namun tidak ada yang komplain karena mereka secara langsung memahami cara save dan open file, sebelumnya saya udah persiapan :p kalo ada yang tanya akan saya jawab itu tampilan office versi baru :D tapi  tidak ada pertanyaan atau komplain :D

4. Untuk bagian team yang terkoneksi internet maka saya tambahkan Firefox sebagai internet explorer mereka download disini


5. Untuk Mailbox mereka saya install Thunderbird sebagai mailbox mereka download disini


Setelah beberapa minggu saya tidak menerima komplain apapun, mulailah bertahap kami mengganti sistem OS lama dengan linux pada semua komputer yang ada.


Akhirnya semua selesai, BigBoss senang karena bisa menghemat biaya yang begitu besar, namun tetep bayar saya biaya installasi migrasi ke linux dongk ...heheheh :D


Nah sekarang bagaimana untuk sekolah atau lembaga pendidikan ? :D tunggu postingan saya selanjutnya ya :D

Anda menyukai blog ini ?
Gunakan tombol Sosial Media dibawah ini untuk berbagi informasi ini pada teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar