Minggu, 29 Juni 2014

Cara termudah membuat form kontak kami di blogger

Sebenarnya sudah sejak May 2013 blogger telah membuat widget contact form atau formulir kontak, namun ternyata banyak rekan-rekan newbie blloger yang masih belum memahaminya, nah pada kesempatan ini saya akan menginformasikan bagaimana cara termudah membuat form kontak di blogger.




Manfaat form kontak pada blog
Dengan pemasangan form kontak pada blog anda pengunjung blog akan lebih mudah mengirimkan pesan kepada Anda langsung melalui blog Anda, hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda ingin mendapatkan saran, pertanyaan atau umpan balik lain dari penggunjung, sehingga Anda tidak perlu menginformasikan alamat email Anda pada blog Anda sehingga akan sangat membantu untuk mengindari spam email atau email sampah yang biasanya berisi mengenai link palsu, link virus, email penipuan dan lain sebagainya.


Cara membuat form kontak
Login ke Blogger Dashboard anda dan pilih Tata Letak
Klik pada Tambahkan Gadget dan pilih  Gadget Lainnya (menu ke 2 pada menu kiri) . kemudian pilih Formulir Kontak

Anda dapat mengubah nama judul seperti gambar di bawah ini dan kemudian menyimpannya.


Nah setelah itu cobalah membuka blog anda , maka akan muncul form kontak seperti di bawah ini pada widget blog anda.

Hasil dari pemasangan widget form kontak
Pengunjung blog yang ingin menghubungi anda akan lebih mudah untuk menghubungi anda , cukup dengan mengisikan namanya , alamat emailnya dan menulis pesan pada kotak pesan yang telah disediakan maka ketika dia klik tombol send / kirim , pesan tadi akan segera terkirim ke email anda secara langsung, dan anda dapat dengan mudah mereply email masuk tadi melalui account gmail anda.

Nah, dalam pengembangan kegunaannya anda juga dapat menggunakannya sebagai form order sederhana untuk blog shop anda.

Catatan : Spam masuk masih bisa pula terjadi namun anda kini lebih terlindungi sebab alamat email anda tidak akan terdeteksi atau terbaca oleh umum. Biasanya para spammer akan memberikan alamat email palsu sehingga saat anda mereplay email tersebut melalui account gmail anda maka biasanya akan terjadi penolakan atau gagalnya pengiriman email.

Widget Form kontak ini dapat anda modifikasi untuk anda letakkan di halaman statis khusus sehingga tidak tampil di halaman utama tampilan blog anda, dari pengalaman saya hal ini lebih mengurangi masuknya pengiriman spam email dari form kontak oleh orang-orang TELADAN (TELat mAngan eDAN / terlambat makan gila) yang kurang gawean :p  (kurang kerjaan).

Bila anda ingin form ini di sebuah halaman khusus agar rapi silahkan klik disini untuk tutorialnya.

Anda menyukai blog ini ?
Gunakan tombol Sosial Media dibawah ini untuk berbagi informasi ini pada teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar