Minggu, 11 April 2010

Membuat webserver lokal di komputer anda

Sebuah free software yang sangat membantu saya selama ini untuk menguji script dan desain website berbasis PHP, adalah USB WEBSERVER. Dengan usb webserver ini saya dapat membuat sebuah server lokal virtual di harddisk saya maupun hanya di sebuah flashdisk sehingga saya dapat menguji website saya yang berbasis php tanpa harus melakukan upload di server hosting saya terlebih dahulu.

Catatan : Karena websitenya dibuat dalam bahasa programernya yaitu bahasa Belanda maka silahkan gunakan Google Translator untuk membuka websitenya agar anda bisa membacanya dalam bahasa Indonesia, cara penggunaan Google Translator sudah saya posting diblog ini berjudul "Penterjemah website berbahasa asing".


USB webserver ini selain dapat menguji tampilnya website anda yang anda program berbasis php, dapat juga untuk menguji dan mempelajari oscommerce dan joomla.

Software ini berkerja di PC bersistem operasi windows dengan cara instalasinya cukup mudah sbb :
  1. Download Free software USB Webserver dengan klik disini
  2. Extrac / bukalah compress file tersebut ke harddisk atau flashdisk anda dengan free zip dari 7-zip yang bisa didownload dengan klik disini
  3. Buatlah shortcut menu untuk desktop anda
  4. Selamat server lokal anda sudah Jadi
  5. Silahkan copy direktori website php anda yang akan anda uji
  6. ke dalam direktori "Root"
  7. Panggil usbwebserver melalui icon chortcut anda di desktop
  8. Gantilah bahasanya menggunakan bahasa Inggris dengan klik "Opties" lalu pada pulldown menu muncul tulisan "nederlands" klik dan gantilah menjadi "english" lalu kliklah tombol di bagian bawah bertuliskan "opslaan" maka usb webserver akan berubah bahasa inggris
  9. Kemudian klik "settings" centanglah option pilihan ke 2 "Open localhost at start, in the default browser" lalu klik tombol "Select" arahkan dan pilihlah direktori "UsbWebserver", lalu masuklah ke direktori "Root" didalamnya, kemudian pilih direktori web anda yang akan anda buka lalu klik tombol "OK"
  10. Kemudian save dengan klik tombol "Opslaan" maka website anda akan terbuka di browser
  11. apabila belum muncul silahkan pilihlah menu localhost pada pulldown menu untuk membuka web anda

Pada Posting berikutnya saya akan mengajarkan cara installasi oscommerce dan joomla pada usbwebserver

Semoga tips saya ini dapat bermanfaat :D

Anda menyukai blog ini ?

Gunakan tombol Sosial Media dibawah ini untuk berbagi informasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar