Kamis, 15 April 2010

Pertolongan pertama serangan stroke

Dari Informasi yang saya dapatkan, saya temukan tulisan mengenai satu cara terbaik untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mendapat serangan STROKE. Konon Cara ini selain dapat menyelamatkan nyawa si penderita,juga tidak menimbulkan efek sampingan apapun.

Pertolongan pertama ini merupakan pertolongan GAWAT DARURAT pada serangan STROKE.

Sebagaimana diketahui , orang yang mendapat serangan STROKE, seluruh darah di tubuh akan mengalir sangat kencang menuju pembuluh darah di otak. Apabila kegiatan pertolongan diberikan terlambat sedikit saja, maka pembuluh darah
pada otak tidak akan kuat menahan aliran darah yang mengalir dengan deras dan akan segera pecah sedikit demi sedikit.

Dalam menghadapi keadaan demikian jangan sampai panik tetapi harus tetap tenang.

Si penderita harus tetap berada di tempat semula dimana ia terjatuh ( Misalnya : di kamar mandi, kamar tidur, atau dimana saja ) JANGAN DIPINDAHKAN !!!!

Sebab dengan memindahkan si penderita dari tempatsemula akan mempercepat perpecahan pembuluh darah di otak.

Penderita harus di bantu mengambil posisi duduk yang baik agar tidak terjatuh lagi, dan pada saat itu pengeluaran darah dapat dilakukan.

Untuk yang terbaik menggunakan JARUM SUNTIK , namun apabila tidak ada, maka JARUM JAHIT / JARUM PENTUL / PENITI dapat dipakai dengan terlebih dahulu di-steril-kan dulu dengan cara di bakar diatas api.

Setelah jarum steril, segera lakukan PENUSUKAN pada 10 UJUNG JARI TANGAN.
Titik penusukan kira-kira 1 cm dari ujung kuku. Setiap jari cukup di tusuk 1 KALI SAJA dengan harapan setiap jari mengeluarkan tetes darah.

Pengeluaran darah juga dapat dibantu dengan cara di PENCET apabila darah ternyata tidak keluar dari ujung jari.

Dalam jangka waktu kira-kira 10 menit, si penderita akan segera sadar kembali.
Bila mulut si penderita tampak Mencong/ Tidak normal , maka KEDUA DAUN TELINGA si penderita HARUS DITARIK - TARIK sampai berwarna kemerah-merahan.

Setelah itu lakukanlah 2 KALI PENUSUKAN pada masing-masing UJUNG BAWAH TELINGA sehingga darah keluar sebanyak 2 tetes dari setiap ujung daun telinga.

Dengan demikian dalam beberapa menit bentuk mulut si penderita akan kembali normal.
Setelah keadaan si penderita pulih dan tidak adakelainan yang berarti , maka segera bawa si penderita dengan hati-hati ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Sebagai salah satu cara beramal bakti , sebaiknya ini di-sebarluas- kan kepada teman-teman , keluarga dan relasi-relasi serta masyarkat luas, sebab serangan stroke ini dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja.

Note : Saya sendiri belum pernah mencobanya, hanya ingin berbagi informasi ini pada anda semua, semoga bermanfaat.


Bagikan informasi ini pada teman anda dengan klik tombol
>>> Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar